Sabtu, 12 Februari 2011

Seni Pertunjukan





Hello sobat jumpa lagi nih di entri baru hehe. Masih inget kan entri sebelumnya? Iyaps betul betul, tentang seni estetika, kontemporer, rupa, dan tradisional. Oke deh langsung aja ya, hehe. Di entri yang ini maula mau nambah-nambah ilmu lagi nih sobat. Maula kupas habis tentang Seni Pertunjukan. Dibaca loh ya. Awas kalo enggak.. *ngancem* hehe becanda.. Yok kita baca..

Seni pertunjukan yang dalam bahasa Inggris itu performance art memiliki arti sebagai karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Performance biasanya melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.
Nah, walaupun seni performance itu bisa juga dikatakan termasuk kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater, tari, musik dan sirkus, tapi juga biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut secara umum lebih dikenal dengan istilah 'seni pertunjukan' (performing arts). Seni pertunjukan juga merupakan salah satu bidang dalam seni rupa murni (fine art). Seni performance itu adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer. Oke, pengertian tadi sudah jelas kan? Hehe, sekarang nih maula mau sebutin Jenis-jenis yang ada pada Seni pertunjukan. Lihat dibawah ini.. =>

Jenis Seni Pertunjukan

1. Seni Akrobatik 
 Seni Akrobatik ini adalah salah satu jenis seni pertunjukan yang bisa disimpulkan bahwa seni akrobatik itu adalah seni pertunjukan hebat dan mengagumkan yang berkenaan dengan ketangkasan. Nah, begitu sobat, salah satu contoh seni akrobatik itu yang seperti ini nih: 

Waaw, lentur banget ya T.T

Ini Akrobat menaiki sepeda di atas tali. Wow, hebat ya ga jatuh. :D

#Warning! Jangan Ditiru ya tanpa keahlian khusus.

Itu tadi beberapa penjelasan tentang seni akrobatik. Sekaramg, maula mau jelasin sedikit tentang Mengamen. Loh? Ada mengamen juga? Pengen tau lebih lanjut? Ayo kita baca yang ada dibawah ini.

2. Mengamen, 
Mengamen adalah pertunjukan bermain musik yang tidak tetap tempat pertunjukannya dan biasanya mengadakan pertunjukan di tempat umum dengan berpindah-pindah tempat.  Jadi, itulah mengapa mengamen termasuk kedalam salah satu jenis seni pertunjukan. Ya, tidak lain karena mengamen itu sebuah pertunjukan yang dimana tempat pertunjukannya tidak pasti. Pada umumnya, mengamen itu bertujuan untuk mencari uang. Kita lihat juga yuk contohnya dibawah ini:

Ini pengamen luar negri nih. Hihi

Kalo ini yang pengamen di Indonesia nih


Nah, udah pada tau kan kenapa mengamen itu termasuk kedalam salah satu jenis seni pertunjukan? Maka dari itu jangan salah, para pengamen itu punya posisi menarik di bidang seni. Hehe. Terutama di bidang seni musik.. Kita beralih ke komedi yuk. :D

3. Komedi/lawak,
 Komedi. Komedi itu apa ya? Kita kan sering nih liat acara-acara komedi. Nah, kalian tau enggak komedi sendiri itu artinya apa? Hehe, buat yang belum tau maula kasih tau deh. Komedi itu sandiwara ringan yg penuh dengan kelucuan meskipun kadang-kadang kelucuan itu bersifat menyindir dan berakhir dengan bahagia. Itu tadi pengertian dari komedi. Nah, kita lihat juga yuk contohnya (yang mungkin udah banyak yang tau, hihi):

Kalau ada om Sule, om Andre, om Parto, tante Nunung pasti tau deh ini acara apa. Hihi, Iyaps. Opera Van Java. Ini acara komedi Indonesia.


Liat blazer khasnya aja udah tau ini siapa. Haha, betul Ini Mr. Bean yang nama aslinya Rowan Atkinson


Udah tau kan pengertian komedi itu apa? Kalau kurang jelas bisa di komen entrinya. Hihi (promosi). Oke deh, lanjut lagi yuk ke Tari..

4. Tari, 
Tari itu adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika. Jadi, tari itu perwujudan ekpresi dalam bentuk gerakan. Nah, di seni tari ini ada Tarian Tradisional, ada juga Tarian Mancanegara. Pasti tau dong? Hehe. Maula mau kasih tau juga nih kalau Tari Tradisional itu dapat di deskripsikan sebagai tarian yang  menceritakan cerita yang ingin disampaikan melalui gerakan-gerakan tubuh yang indah. Dan tak jarang di suatu lingkungan tertentu ada tarian yang tidak sembarang orang dapat menarikannya. Nah, sedangkan kalau Tarian Mancanegara adalah Seni tari berkembang diseluruh pelosok dunia dan tak terkecuali Indonesia. Yang di setiap Negaranya mempunyai ciri khas tarian masing-masing tergantung dengan lingkungan, atau kebiasaan sehari-hari. Begitu sobat tentang seni tari. Kita lihat juga yuk contoh-contohnya:

Tari Pendet. Ini tari tradisional dari Bali

The Beauty Of China ini tarian dari China


Oke. Yang tentang seni tari enggak ada masalah kan? Kalau begitu kita lanjut yuk ke Pentas Musik.

5. Pentas Musik,
Kalau di deskripsikan dari berbagai sumber nih, Pentas Musik adalah memainkan musik di atas panggung. Singkat ya? Hehe, ya begitulah. Kenapa deskripsinya hanya sedikit? Itu karna, di kamus besar Indonesia pentas itu berarti memainkan sesuatu di panggung atau juga lantai yg agak tinggi di gedung pertunjukan tempat memainkan sandiwara. Nah, maka dari itu maula deskripsiinnya begitu. Oke deh, kita langsung lihat aja yuk contoh dari pentas musik:


Ini nih contoh pentas musik dan tari Dayak.


Pentas Musik Ligro Trio


Lanjut langsung (langsung lanjut --“)  yuk ke Drama. 

6. Drama, 
Drama adalah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal dari Bahasa Yunani yang berarti "aksi", "perbuatan". Nah, drama juga bisa diwujudkan dengan berbagai media, seperti di atas panggung, film, dan atau televisi. Drama juga terkadang dikombinasikan dengan musik dan tarian, sebagaimana sebuah opera. Gitu sobat. Kita liat langsung yuk contoh dramanya:

Ini contoh pentunjukan drama yang berjudul Rock Musical Bleach

Kalau  yang ini Ludruk. Drama Tradisional dari Indonesia


Nah yang tadi itu tentang Drama. Lanjut lagi yuk ke Opera

7. Opera,
 Opera adalah bentuk drama panggung yang seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dengan iringan orkes atau musik instrumental. Atau juga dapat diartikan serial drama radio atau televisi yang alurnya berbelit-belit, sarat dengan lakon yang sentimental, mendebarkan, dan mengharukan. Gitu tuh sobat. Ini ada contoh juga nih. Lihat yuk:

Opera Tusuk Konde nih dari Indonesia

Yang ini pertunjukan opera di Inggris nih


Nah, itu udah lumayan jelas kan sobat? Sip deh kalau begitu lanjut lagi yuk.

Maula mau jelasin tentang teater nih. Oke langsung aja ya. Teater adalah proses pemilihan dan penggarapan teks atau naskah dan proses pemahaman atau penikmatan dari publik. Pada tau enggak? Teater itu berasal theatron yang diturunkan dari kata theaomai (bahasa yunani) yang artinya takjub melihat atau memandang. Nah, sekarang udah tau kan teater itu apa dan berasal dari mana? Oke, kalau begitu langsung aja yuk lihat contohnya: 
Ini Salah satu contoh pementasan pada teater


Teater? Selesai. Tinggal yang terakhir nih. Ayo, ayo langsung aja.

9. Film,
Yang terakhir ini film nih. Nah, kita kan sering tuh nonton fil, entah di bioskop atau juga layar tancep (hah? Ga jaman  --“) hehe, pada tau enggak film itu sendiri itu apa? Kalau belum tau, maula kasih tau deh. Film itu adalah lakon atau cerita gambar hidup. Maksudnya hidup disini itu bergerak. Jadi, film itu juga bias diartikan sebagai alur cerita  bergerak yang di dalam gambar bergerak itu terdapat konflik, artis, pemain, view dan lain sebagainya. Nah, itu sobat arti dari film. Kita lihat juga deh yuk contoh-contohnya: 

Harry Potter! ini nih Film dari Inggris. Pasti pada tau deh hehe

Nah kalo yang ini Film dari Indonesia. Tau kan?

Selesaaaaai.. Makasih banyak nih sobat, kalian udah mau baca artikel yang entri ini. Semoga nambah lagi deh pengetahuan kalian tentang Seni dan macam-macamnya. Kalau ada salah-salah kata maula minta maaf ya. Kita lanjut lagi di entri selanjutnya ya. Bye Bye :D

1 komentar: