Rabu, 02 Februari 2011

Seni Musik dan Aliran-alirannya


Hai hai.. Disini maula bakal memuat pengetahuan tentang Seni. Buat sobat-sobat yang belum tau apa itu seni atau belum terlalu jelas apa sebenarnya arti seni itu bisa dilihat disini nih.. Nah, biar enggak kelamaan, hehe kita langsung baca dibawah ini. Baca yuk :D

"Seni" itu tuh berasal dari kata SANI yang artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Sedangkan kalo menurut kajian ilmu di Eropa mengatakan ART (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Menurut aku, Seni itu adalah perwujudan ekspresi seseorang yang dituangkan dalam bentuk karya. Nah, menurut pendapat Ki Hajar Dewantara, Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan perasaan manusia. Beda lagi dengan pendapat Herbert Read yang berpendapat bahwa, seni itu tidak harus dihubungkan dengan keindahan, baik itu dipandang secara historis (karya seni masa lampau) ataupun dipandang dari sudut sosiologis (manifestasi hasil seni masa kini) SENI merupakan hasil dari proses kreatif yang dilakukan oleh manusia. Banyak lagi pendapat-pendapat tentang seni.
Dari Seni ini terbagi menjadi terbagi menjadi 6. Ada Seni Estetika, Musik, Rupa, Pertunjukan, Tradisional, dan Kontemporer.


Nah, di entri yang ini aku mau jelasin sedikit tentang Seni Musik.
Pertama, pengertiannya nih. Seni Musik itu adalah suatu wujud karya dalam bentuk nada, dan memiliki tempo yang dapat diikuti oleh penikmatnya , dan musik itu terlahir dari aliran-aliran nada yang yang disertai dorongan sensitif karena salah satu indera nya merasakan rangsangan.

Kedua, aliran-alirannya. Pada tau kan aliran-aliran musik itu apa aja? Nah, buat pecinta musik yang belom terlalu tau apa aja alirannya, aku kasih tau nih. Ada aliran musik Jazz, RnB, Rock, Country, Ragtime, Blues. Yang aku tau cuma itu tuh, yang lainnya sebenernya banyak. Hehe. Dan lagi nih, musik Jazz, RnB, dan Rock itu termasuk kedalam aliran Musik Populer yang sudah modern. Aliran-Aliran musik itu kebanyakan pertama lahir dan berkembang di Negara Amerika Serikat. Seperti Jazz, RnB, Rock, Ragtime, Blues. Ada lagi aliran musik yang sudah terlahir sejak lama. Ya, kaya nenek moyangnyalah. Haha. Seperti Notasi Gregorian Tahun 590, Musik Organum 1150-1400, Musik Diafoni 1400-1600, Basso Ostinato Tahun 1600, Musik Polifoni Era Barok 1600-1750, Musik Homofoni Era Klasik 1750-1825, Musik Klasik Era Romantik 1820-1910,Musik Klasik Modern 1910-sekarang. Nah, aliran musik yang sudah terkenal lama ini termasuk kedalam aliran Musik Klasik.

Ketiga, dari semua aliran musik tadi nih, aku mau jelasin sedikit tentang aliran Musik Rock, Musik Jazz dan Musik Country. Chek This Out =>
1.      Nah, yang pertama aku mau jelasin tentang aliran Musik Rock.
·          Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas. banyak juga dengan penambahan instrumen seperti keyboad, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik.

Pondasi dari musik rock adalah rock and roll dan rockabilly di era 50an. pada akhir 60an banyak terjadi percampuran genre musik lain dengan musik rock. Musik folk bercampur menjadi Folk Rock, Musik blues bercampur menjadi Blues Rock dan musik jazz menjadi Jazz-Fussion Rock. Dan pada tahun 70an rock berkembang menjadi beberapa subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal dan punk. Di era 80an berkembang lagi beberapa subgenre seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, alternative rock. Di era 90an subgenre baru yaitu grunge style rock, britpop, indie rock, piano rock dan nu metal. Nah Musik Rock ini punya beberapa aliran besarnya juga. Seperti:
a.        Hard Rock
Genre musik rock yang berakar pada musik pertengan 60an yaitu garage dan psychedelic rock dan banyak keterpengaruhan dari musik blues. Hard rock banyak didominasi oleh gitar elektrik, bas gitar dan drum. Peran gitaris biasanya terbagi dua yaitu lead guitar dan rythm guitar, lead guuitar akan menampilkan guitar solo pada beberapa bagian dari lagu sedangkan peran rythm guitar lebih sebagai pelengkap lead guitar. Bas gitar dan drum berfungsi untuk membangun struktur dari musik hard rock itu sendiri.
b.      Heavy Metal
Sebenarnya hard rock dan heavy metal tidak beda jauh dalam hal bermusik makanya banyak pelintas batas antara keduanya, musik heavy metal hanya lebih cepat dalam musiknya.
c.       Punk Rock
Aliran ini lebih pada pemberontakan anak muda terhadap kemapanan. punk rock lebih pada idiologi daripada kemampuan bermusik, seperti kalo kita mendengarkan lagu2nya sex pistols yang sangat ancur dan tanpa harmonisasi bahkan dalam pertunjukan live nya sering basnya diganti dibelakang layar karena pemain aslinya biasanya teler berat dan udah pasti sangat ngawur sekali banget-banget.
d.      Glam Metal
Sering juga disebut sebagai Hair Metal karena kecenderungan dari personil band nya yang berambut panjang dan gaya berpakaiannya yang glamour dan make up nya. secara musik glam metal gak beda jauh dengan heavy metal hanya saja ada perbedaan dalam lirik yang lebih cenderung hedonistik seperti masalah sex, minuman dan obat. 

Itulah sekilas tentang Musik Rock dan alirannya. Aku mau kasih tau beberapa contoh Penyanyi atau Band yang beraliran Musik Rock dari Indonesia maupun Luar Negrinya. Seperti:
 Green Day. Mereka ini genrenya Punk Rock



Nah, kalo The Beatles ini genrenya Heavy Metal Rock..


Tau enggak yang rambutnya khas itu siapa? Iyaps, Ahmad Albar. Beliau itu Rocker Indonesia
2.      Yang kedua ini aku mau jelasin tentang Musik Jazz.
·         Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.
·         Asal-usul dari jazz kata adalah salah satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik Kata's - American Dialect Society menamakannya Kata Abad Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup besar, dan sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun 1912, yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau seks. Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915. Jazz dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut jazz.
Jazz kata membuat salah satu penampilan yang paling awal di San Francisco bisbol menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke San Francisco pada 1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor, dan disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai. Chicago dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai setahun kemudian. "Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin oleh ET "Scoop" Gleeson .
Nah, itu tuh tentang Musik Jazz. Kalo aliran yang ada dalam Musik Jazz itu ada 9.  Lebih banyak dari Musik Rock. Seperti:
a.       Dixieland
Atau di sebut juga Jazz New Orleans adalah suatu genre musik jazz. Sering disebut sebagai Early Jazz (Jazz Awal), karakter genre ini adalah memakai improvisasi kolektif serta permainannya yang emosional. Aransemen tertulis masih tidak terlalu diperlukan karena jumlah pemainnya hanya sedikit, berkisar 6-10 orang.
b.      Big band
Sebuah bentuk ansambel musik yang memainkan musik jazz dan yang menjadi populer pada Era Swing dari 1935 hingga akhir 1940-an. Big band biasanya terdiri atas 12 hingga 19 pemain musik dan menggunakan alat-alat musik saksofon, trompet, trombon, dan sebuah seksi ritme. Istilah band jazz, orkestra jazz, dan band dansa juga digunakan untuk merujuk kepada jenis ansambel ini.
c.       Bebop
Bebop Menurut beberapa sumber yang relevan, Bop adalah sebuah type dari breakdance, yang dibuat oleh Keneth Bob Mill's. Bop dansa bentuk baru, mengkombinasikan pergerakan lengan/tangan yang smooth (ex "robot") dan koordinsi yang skillfully dengan gerakan kaki. Secara teknis, bebop berkarakter tempo cepat, harmoni komplex, melodi yang penuh perubahan, dan rhythm sections yang laid down a steady beat only on the bass and the drummer's ride cymbal. ( artinya tuh, diatur irama tetap hanya pada bass dan simbal naik pemain drum)

d.      Acid Jazz
Dikenal juga dengan jazz klub) adalah genre musik yang menggabungkan elemen-elemen musik soul, funk, dan disco. Genre ini dikembangkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, awalnya pada klub malam di Inggris Selatan. DJ Gilles Peterson dan Chris Bangs umumnya dikenal sebagai yang menciptakan istilah acid jazz, pada tahun 1987.
e.       Funk
Sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues dari daerah Louisiana pada tahun 1960-an. Aliran musik ini terkait dekat dengan musik soul serta jenis musik turunan lainnya seperti P-Funk dan Funk Rock.
f.       Smooth Jazz
Salah satu bentuk jazz, sering kali percampuran dengan R&B. Smooth jazz berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion, dan cenderung memberi tekanan pada melody dibanding kepada improvisasi. CTI Records milik Creed Taylor bagian yang amat penting diperkembangan bentuk ini dipertengahan 1970. Wes Montgomery membuat beberapa buah rekaman instrumental dari sejumlah lagu pop yang terkenal yang tidak banyak diminati penikmat Pop dibanding jazz fan; hasil perusahaan rekaman ini sering tidak dianggap sebagai album smooth jazz yang penting.
g.      Fusion Jazz
Fusion Jazz ini memang identik dengan bantuan teknologi canggih seperti MIDI(Musical Instrument Digital Interface). Fusion adalah cabang dari jazzrock dan funk. mainstream yang didalamnya sudah dicampur
h.      Ragtime Genre musik asli yang menikmati popularitas puncaknya antara 1897 dan 1918. Ciri ciri utamanya adalah sinkopasi, atau "compang-camping," irama. Ini dimulai sebagai musik dansa di distrik-distrik lampu merah Amerika kota-kota seperti St Louis dan New Orleans tahun sebelum diterbitkan sebagai lembaran musik populer untuk piano. Dan ini merupakan modifikasi pawai dipopulerkan oleh John Philip Sousa, dengan polyrhythms tambahan berasal dari musik Afrika..


i.        Free jazz  
Sebuah pendekatan untuk musik jazz yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan 1960-an. Walaupun musik yang dihasilkan oleh pionir free jazz bervariasi secara luas, fitur umum adalah ketidakpuasan dengan keterbatasan bebop, bop keras, dan modal jazz, yang telah dikembangkan pada 1940-an dan 1950-an. Masing-masing dengan cara mereka sendiri, musisi jazz bebas berusaha untuk mengubah, memperluas, atau memecah konvensi jazz, sering dengan membuang fitur invariabel sampai sekarang jazz, seperti perubahan akor tetap atau tempo.
Kalo contoh Penyanyi atau Band yang bergenre Jazz itu ada:

Michael Buble ini penyanyi Jazz Dari Kanada


Ini Tompi. Penyanyi Jazz Indonesia

 Ini Band yang bergenre Jazz dari Indonesia loh, yang di terima baik di luar


3.      Dan yang ketiga ini aku bakal kupas abis tentang aliran Musik Country.
·         Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western, namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Raya dan Irlandia
Dan itulah beberapa kilasan yang aku dapet tentang Musik Country. Contoh Penyanyi atau Band yang Beraliran Musik Country itu seperti:
 
 Si cantik Taylor Swift ini genre musiknya Country loh

Zack Brown Band juga genrenya Country




Segitu aja ya buat penjelasan yang tentang Musik Rock, Jazz, dan Country-nya. Kalo emang kurang komen yeh blognya. Haha.. Oh iya Sebelum di tutup aku mau kasih contoh beberapa Penyanyi atau Band yang aliran musiknya selain yang aku jelasin tadi. Lihat dibawah ini =>

Tau kan ini siapa? Iya betul. Agnes Monica. Dia ini Penyanyi Pop Indonesia


Nah, David Archuleta ini juga sama seperti Agnes yang bergenre Pop


Ini nih Ne-Yo penyanyi RnB berkebangsaan Amerika Serikat


Yang ini nih John Primer. Genre musiknya itu Blues


Ini Anggun. Genre dia itu Pop, Rock dan RnB


Kalo yang Ini Vanessa Carlton. Dia genrenya Soft Rock, Piano Pop, Pop Rock


Pada tau kan ini siapa? Ah betul.. Bruno Mars. Genre musiknya itu Pop dan RnB


Sheila On 7 ini nih Band yang genrenya Pop



Nah segitu aja ya contoh-contohnya. Maaf ya cuma sedikit. hehe..
Maaf juga kalo banyak kekurangannya ya. Semoga bermanfaat juga yah. hehe. Terima Kasih :D

#Oh, iya catatan nih. Bagi yang umat islam seperti aku ini tolong ya jangan hanya mementingkan musik-musiknya aja ya. Jangan lupain baca Al-Qur'an nya. Jadi ibadahnya enggak kehambat sama musik. Seimbangin aja ya :) OK Terima Kasih

2 komentar: